Cahaya dan Alat Optik ( IPA kelas 5 SD ). - Gudang Pelajaran Sekolah

Cahaya dan Alat Optik ( IPA kelas 5 SD ).

Tuesday, September 2, 2014

Cahaya dan Alat Optik ( IPA kelas 5 SD ).

Responsive Leaderboard Ad Area
Ads

Cahaya dan Alat Optik ( IPA kelas 5 SD ).

Gudang Pelajaran Sekolah
Cahaya dan Alat Optik ( IPA kelas 5 SD ).

Gudang pelajaran sekolah kali ini ingin membahas tentang pelajar IPA ( ilmu pengetahuan alam ) untuk kelas V ( lima ), yakni mengenai cahaya dan alat optik.

Kita sering melihat cahaya,lampu,bintang,neon dsb yang memancarkan cahaya,mengapa kita bisa melihat dan menangkap sinar cahaya...? ikuti penjelasan berikut ini.

Pengertian Cahaya.

Cahaya merupakan salah satu gelombang elektromagnetik, suatu gelombang yang tidak memerlukan medium sebagai media perambatannya. Benda yang dapat memancarkan cahaya dinamakan sumber cahaya.


Sumber Cahaya.

Ada dua macam sumber cahaya, yaitu sumber cahaya alami dan sumber cahaya buatan.
  • Sumber cahaya alami merupakan sumber cahaya yang menghasilkan cahaya secara alamiah dan setiap saat, contohnya matahari dan bintang dsb.
  • Sumber cahaya buatan merupakan sumber cahaya yang memancarkan cahaya karena dibuat oleh manusia, dan tidak tersedia setiap saat, contohnya lampu senter dsb.
  • Sifat-sifat cahaya.

1.Cahaya merambat lurus.
saat berjalan di kegelapan, kamu memerlukan senter. Ketika senter kamu nyalakan,bagaimana arah rambatan cahaya yang keluar dari senter tersebut? Cahaya dari lampu senter arah rambatannya menurut garis lurus,sehingga cahaya juga akan selalu menabrak benda yang ada didepanya,baik itu bisa tembus cahaya maupun tidak tembus cahaya.
Gudang Pelajaran Sekolah
Cahaya merambat Lurus.
image by. Google


2.Cahaya dapat menembus benda bening.
Seperti penjelasan diatas bahwa cahaya akan merambat lurus,maka ketika didepan cahaya tersebut ada penghalang benda bening maka cahaya akan tembus sampai kebelakang benda tersebut,misalnya kaca,air,kertas film dsb.
Gudang Pelajaran Sekolah
Cahaya dapat tembus.
image by.google


3.cahaya dapat dipantulkan.
Pernahkah kalian mengamati benda disekitar kalian. Kenapa benda-benda tersebut dapat dilihat oleh mata kita?. Benda tersebut dapat terlihat oleh mata kita karena adanya pantulan cahaya dari benda menuju mata. Gejala tersebut berkaitan dengan adanya pemantulan sinar atau cahaya. Coba kamu sorotkan senter ke dinding kamarmu yang gelap itu. Kamu akan melihat cahaya senter dipantulkan baur atau tidak teratur oleh dinding. Mengapa demikian?

Pemantulan cahaya ada dua jenis yaitu pemantulan baur (pemantulan difus) dan pemantulan teratur. Pemantulan baur terjadi apabila cahaya mengenai permukaan yang kasar atau tidak rata.

Sementara itu, pemantulan teratur terjadijika cahaya mengenai permukaan yang rata, licin, dan mengilap. Permukaan yang mempunyai sifat seperti ini misalnya cermin
Gudang Pelajaran Sekolah
cahaya dapat dipantulkan.
image by.google

4.Cahaya dapat diuraikan.
Pelangi terjadi karena peristiwa penguraian cahaya (dispersi). Dispersi merupakan penguraian cahaya putih menjadi berbagai cahaya berwarna. Cahaya matahari yang kita lihat berwarna putih. Namun, sebenarnya cahaya matahari tersusun atas banyak cahaya berwarna. Cahaya matahari diuraikan oleh titik-titik air di awan sehingga terbentuk warna-warna pelangi. Salah satu contoh dari peristiwa ini adalah balon air. Jika air sabun ditiup di bawah sinar matahari, maka akan terlihat berbagai warna berkilauan pada permukaan balon air tersebut.
Gudang Pelajaran Sekolah
cahaya dapat diuraikan.
image by.google


5.Cahaya dapat dibiaskan.
Apabila cahaya merambat melalui dua zat yang kerapatannya berbeda, cahaya tersebut akan dibelokkan. Peristiwa pembelokan arah rambatan cahaya setelah melewati medium rambatan yang berbeda disebut pembiasan.

Pembiasan terjadi apabila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal. Misalnya cahaya merambat dari udara ke air. Sebaliknya, apabila cahaya merambat dari zat yang lebih rapat ke zat yang kurang rapat, cahaya akan dibiaskan menjauhi garis normal. Misalnya cahaya merambat dari air ke udara. Pensil akan terlihat patah ketika ditempatkan pada gelas berisi air jernih.

Gudang Pelajaran Sekolah
Cahaya dapat dibiaskan.
image by.Google

Selanjutnya :

Cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung.
Ads
bm

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Cari Pelajaran