Rumus menghitung volume kubus. - Gudang Pelajaran Sekolah

Rumus menghitung volume kubus.

Friday, June 2, 2017

Rumus menghitung volume kubus.

Responsive Leaderboard Ad Area
Ads

Rumus menghitung volume kubus.

Gudang Pelajaran Sekolah,pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang rumus cara menghitung volume ( isi ) sebuah bangun datar berbentuk kubus,tapi sebelum kita melanjutkan pembahasan kita mengenai rumus menghitung volume sebuah kubus maka tidak ada salahnya kita membahas tentang pengertian dari kubus tersebut.

Pengertian kubus.


Secara garis besar pengertian kubus adalah sebuah bangun datar yang memiliki rusuk atau sisi-sisinya sama panjang antara rusuk satu dengan rusuk yang lainya,sedangkan sebuah bentuk kubus memiliki jumlah garis rusuk sebanyak 12 garis,dengan kata lain ketika kita melihat sebuah kubus maka kita tidak akan menemukan angka panjang maupun lebar karena sebuah kubus hanya memiliki nilai pada rusuknya saja.

Kubus tentu berbeda dengan persegi panjang jika ingin mengetahui tentang rumus menghitung keliling dan luas persegi panjang bisa kunjungi tulisan dengan judul cara menghitung keliling dan luas persegi panjang,atau ingin tahu rumus menghitung panjang atau lebar persegi panjang silahkan kunjung rumus mencari panjang dan lebar persegi panjang.

Gudang Pelajaran Sekolah
Volume Kubus

Rumus menghitung volume kubus.

Tentu kalian semua sudah tahu bahwa kubus termasuk ke dalam bentuk bangun ruang khusus karena setiap sisi atau rusuknya memiliki ukuran yang sama panjang. Di dalam rumus volume kubus kita tidak akan menemukan istilah panjang, lebar, ataupun tinggi kita hanya akan menggunakan istilah rusuk atau sisi (s). Mari kita simak contoh gambar sebuah kubus berikut ini:

Untuk mencari volume dari kubus seperti pada gambar di atas, kita bisa menggunakan rumus volume kubus berikut ini:

Volume Kubus = rusuk x rusuk x rusuk atau banyak juga menyebutkan dengan isitilah sisi x sisi x sisi.

Jika di rumuskan akan berbentuk seperti ini :

V = s.s.s

V = S3.

Contoh Soal cara menghitung volume kubus.
Diketahui panjang salah satu sisi dari sebuah kubus adalah 4cm. Maka berapakah volume dari kubus tersebut?

Jawab:

Diketahui :

S = 4cm

Ditanya = volume….?

Penyelesaian :

V = sisi x sisi x sisi

V = 4cm x 4cm x 4cm

V = 64cm3

Demikianlah rumus dan bagaimana cara menghitung volume sebuah kubus,selanjutnya kita akan mencoba mengulas tentang rumus menghitung volume sebuah balok.




Ads
bm

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Cari Pelajaran